Awal Mula Kisah Penciptaan Dunia dalam Film The Lord Of The Rings – khususjomblo.com

KhususJomblo.com – Siapa yang tidak mengenal trilogi film The Lord Of The Rings? film yang sangat sukses ini pasti akan membuat terpukau semua yang menontonnya, tak terkecuali dengan saya sendiri. Dengan cerita dan peperangan yang sangat menakjubkan, membuat film ini mask dalam jejeran film berating tinggi di IMDB dan banyak menghasilkan penghargaan di ajang apapun. Tapi pasti banyak yang belum tahu Awal Mula Kisah Film The Lord Of The Rings

Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya J. R. R. Tolkien yang bercerita tentang petualangan seorang Hobbit bernama Frodo Baggins dan Samwise Gamgee untuk menghancurkan cincin dari Sauron, seorang Ainur jenis Maiar yang merupakan anak buahnya Morgoth atau Melkor.

Dengan langsung mengisahkan perjalanan itu, tidak menjelaskan kisah asal mula dari semua yang terjadi pada Film The Lord Of The Rings. Tetapi bagi kalian yang sudah membaca novelnya mungkin akan mengetahuinya. Jadi kali ini saya akan menjelaskan satu persatu secara rinci, hal-hal yang perlu kalian tahu tentang Film The Lord Of The Rings.

Sebelum kita bahas hal-hal yang mendatail seperti, siapakah sauron, siapakah yang menciptakan cincin sauron, adakah yang lebih kuat dari sauron atau kenapa sauron cuma berwujud mata dalam film LOTR, kita perlu tahu mengenai hal ini.

Awal Mula Penciptaan Dunia dalam Film The Lord Of The Rings

Kisah dalam Film atau Novel The Lord Of The Rings itu diambil dari kisah-kisah mitologi dari seluruh dunia, jadi ada beberapa kesamaan dengan mitologi yang ada dengan sedikit perbedaan.

Seperti yang kita tahu, Dunia pasti ada yang meciptakannya begitu juga dunia dalam Film The Lord Of The Rings, yaitu Eru Iluvatar yang bisa dikatakan sebagai Tuhan dalam Dunia LOTR (setelah ini saya akan selalu menyingkat LOTR).

Eru lalu menciptakan makhluk ciptaan pertamanya yaitu, Ainur. Bisa dikatakan Ainur seperti Dewa pada mitologi Yunani atau Malaikat pada agama-agama samawi.

Ainur merupakan makhluk yang abadi dan berdialog dengan Eru berbentuk irama-irama musik yang harmonis.

Setelah Eru Ilúvatar mengumpulkan semua material dan perpaduan irama para Ainur (termasuk buatan Melkor yang destruktif), Eru merubah menjadi berbentuk Eä atau alam semesta dan juga termasuk Arda atau bumi di dalamnya.

Ketika para Ainur masuk ke lingkaran alam semesta, para Ainur menyadari bahwa mereka jadi terikat dengan Eä dan menjadi bagian dari Eä. Karena kondisi Eä masih mentah dan belum teratur, para Ainur dibawah pimpinan Manwë ini mulai menata Eä termasuk juga Melkor. Setelah Arda selesai ditata, Manwë ditunjuk oleh Eru sebagai pemimpin dan raja para Ainur di Arda.

Arda pada saat itu masih berupa bumi yang berbentuk lempeng mendatar dengan daratan Middle-Earth di tengah dan yang dikelilingi perairan.

Lho! itu siapa Manwe dan Melkor? sebelum saya menjelaskan itu, mari baca dulu dibawah ini.

Lalu Eru membagi Ainur menjadi dua golongan, yaitu Vala dan Maia.

1. Vala

Valar (bentuk plural dari Vala) merupakan golongan Ainur yang memiliki kemampuan, kekuatan, kecerdasan dan kebijaksanaan diatas rata-rata.

Melkor atau Morgoth adalah Vala terkuat yang pernah ada di kelompok Valar, bahkan Manwë yang merupakan kakak dari Melkor tak sanggup menghadapinya sendiri.

Tiap Valar tertarik pada aspek tertentu yang menarik minatnya dan hal itu menjadi fokus kekuatannya. Melkor sendiri tertarik pada aspek kegelapan dan kekerasan sehingga Melkor sering kali menjadi perusak keseimbangan yang dibuat oleh Valar lainnya.

2. Maia

Maiar (bentuk plural dari Maia) merupakan golongan Ainur yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata. Bahkan Maiar terhebat masih belum mampu menandingi Valar yang paling rendah kemampuannya. Karena kemampuan Maiar tidak setingkat Valar, para Maiar biasanya bertugas membantu Valar dalam menjalankan pekerjaannya sehingga boleh disebut sebagai bawahan Valar walau mereka sesama Ainur.

Bagi yang belum tahu, Gandalf dan Sauron merupakan Ainur jenis Maiar.

Setelah membahas asal mula kisah penciptaan dunia dalam Film LOTR, artikel berikutnya saya akan membahas hal yang menjadi permasalahan di Arda dan penciptaan-penciptaan makhluk makhluk di Arda atau bumi. Hidup Jomblo!

 

Bagikan Komentarmu