Pengertian Genre Film Coming-of-Age – khususjomblo.com

KhususJomblo.com – Apa Itu Genre Film Coming-of-Age? Setelah beberapa hari vakum ngepost artikel karena liburan ke luar kota, akhirnya saya kembali lagi. Kali ini saya akan membahas genre film coming-of-age. Film-film bergenre coming-of-age sangat tepat ditonton disaat gabut pas liburan kayak gini. Jadi yang ingin tahu lebih detil tentang genre film coming-of-age bisa baca sampai abis ya.

Pengertian Genre Film Coming-of-Age

Coming-of-Age adalah sebuah genre atau tema dari film atau novel yang menceritakan kisah perjalanan hidup seseorang tokoh protagonist dari masa kecil hingga dewasa. Yang ditonjolkan bukan hanya perubahan fisik tetapi juga perubahan psikologi si tokoh hingga dewasa. Kebanyakan film bergenre coming-of-age beralur maju mundur

Rata-rata tokoh utama dalam film bergenre coming-of-age itu laki-laki dengan kisaran usia dari 10-25 tahun. Kenapa kebanyakan laki-laki mungkin psikologis laki laki lebih menarik untuk diceritakan. Seperti pada film Boyhood (2014)

Film bergenre ini lebih menonjolkan dialog dan cerita, dengan mengesampingkan aksi-aksi laga. Dengan begitu perubahan-perubahan psikologi tokoh utama lebih dapat lebih digambarkan.

Banyak juga film yang bergenre ini dibumbui kisah percintaan dan komedi, bahkan ada juga yang menonjolkan pandangan politik si tokoh utama.

Genre Coming-of-Age juga disebut Bidungsroman tetapi hanya pada novel. Bidungsroman berasal dari bahasa Jerman yang artinya novel yang berisi informasi, edukasi tentang perubahan karakter dan psikologi tokoh dari remaja hingga dewasa yang dimana perubahan karakter sangat ditonjolkan.

Bidungsroman pertama kali muncul pada Wilhelm Meister’s Apprenticeship yang ditulis oleh Johann Wolfgang Goethe sekitaran tahun 1795–1796 di Jerman. Lalu mulai terkenal di eropa karena novel-novel yang ditulis oleh Goethe ditranslate kan ke bahasa inggris oleh Thomas Carlyle pada tahun 1824. Setelah itu genre Bidungsroman atau coming-of-age mulai terkenal dan banyak dijadikan tema-tema novel oleh para penulis lainnya. Dan hingga masuk dalam genre film yaitu genre Coming-of-Age.

Terdapat juga beberapa subgenre dari Bidungsroman seperti Entwicklungsroman yang berisikan cerita perkembangan umum saja tidak seperti penanaman pemikiran lebih pada diri. Erziehungsroman lebih fokus terhadap pelatihan dan sekolah formal. Lalu Künstlerroman yang menceritakan kisah perjalan menuju kedewasaan seorang artis atau tokoh terkenal.

Kenapa genre film Coming-of-Age sangat cocok untuk kalian tonton?

karena dengan tema dan cerita perubahan kedewasaan seorang remaja, ini sangat menggambarkan apa yang sedang terjadi pada diri kita yakni seorang remaja. Jadi dengan menonton ini kita dapat tahu apa yang akan terjadi dan solusi yang dapat kita lakukan. Film bergenre ini juga memberikan nilai persahabatan, percintaan, kehidupan, kedewasaan, moral dan kekeluargaan.

Contoh film-film bergenre Coming-of-Age yang terkenal yaitu Paper Towns (2015),Boyhood (2014), Into The Wilds (2007), American Graffiti (1973), Mischief (1985). Stand By Me (1986) dan Almost Famous (2000). Dan masih banyak lagi.

Sekian artikel tentang info film pengertian genre film coming-of-age dan bidungsroman. Hidup Jomblo!

Bagikan Komentarmu