7 Jenis Bahan Denim Terbaik Untuk Celana Jeans – khususjomblo.com

KhususJomblo.com – Celana jeans tak pernah termakan oleh waktu, dari dulu hingga sekarang masih saja menjadi favorit bagi para pria dan wanita. Karena dengan ketahanan bahan denim yang bagus maka celana jeans menjadi sebuah hobi bagi kalian yang suka dengan bahan denim. Bukan hanya itu, sudah mulai banyaknya brand denim lokal yang bermunculan dengan ciri khas masing masing yang menjadi pembeda. Lalu, bagi kalian yang ingin membeli celana jeans berbahan kualitas terbaik, mari membaca sampai habis artikel informasi jenis-jenis bahan denim yang digunakan pada celana jeans dengan kualitas terbaik.

Bagi yang belum tahu, kata jeans berasal dari penyebutan kota Genoa di Italia, jika dalam bahasa Prancis yaitu Gênes (jens) dimana celana jeans pertama kali dibuat untuk angkatan laut.

Bahan denim sangat beragam dengan ketebalan dan struktur yang berbeda. Pilihlah yang sesuai dengan selera anda.

1. Dry Denim atau Raw Denim

Tekan untuk memunculkan gambar

Yang menjadi perbedaan utama dari bahan dry denim/raw denim adalah bahan ini tidak mengalami proses apapun setelah dibuat dan langsung dijual. Biasanya, bahan denim yang lain akan dicuci dulu untuk menyusutkan bahan denim (sanforisation) atau dilakukan proses pewarnaan secara terus-menerus (overdye) untuk mendapatkan warna yang tidak bisa didapat dengan yarn dyeing.

Bahan ini paling banyak disukai oleh para pecinta denim, karena bahannya yang kaku/keras dengan warna yang lebih gelap jadi jika dipakai secara efektif maka akan terjadi pemudaran (fading) dibagian-bagian tertentu, hal ini yang disukai oleh para pecinta denim. Umumnya setelah pembelian akan dilakukan  pemakaian secara efektif (terus-menerus) tanpa adanya pencucian setelah 6 bulan atau juga bisa lebih.

Jika kalian lebih suka bahan lebih keras, maka carilah brand denim yang menjual celana jeans dengan ketebalan diatas 14 oz. Karena diatas ukuran itu, bahan denim akan sangat tebal dan kaku. Ukuran tertebal untuk bahan denim adalah 32 oz.

2. Selvedge Denim atau Selvage Denim

Tekan untuk memunculkan gambar

Sebenarnya bahan selvedge dengan raw denim tidak ada bedanya, yang membedakan hanyalah adanya untaian yang paralel (berlawanan arah) pada ujung tenunan untuk menjadikan tenunan bahan denim tidak mendedel atau terurai. Karena jaman dulu tidak adanya mesin obras, jadi digunakanlah teknik Selvedge. Jika anda pernah melihat, maka akan ada pattern yang membentuk strip dengan warna berbeda, Brand denim Levi’s memiliki ciri khas dengan warna merah.

Proses merajut bahan selvage membutuhkan lebih banyak bahan untuk menyelesaikan fabric sehingga komposisi cotton yg digunakan lebih banyak dan dibuat oleh mesin tenun yg sudah berumur sangat tua. Tetapi dunia perindustrian yg sudah maju saat ini, sudah banyak mesin yg dapat juga membuat selvedge denim dengan baik serta kekuatan yg sama seperti mesin tenun tua.

Meskipun begitu, nilai Authenticnya tidak akan tergantikan,

Biasanya, celana berbahan Selvedge ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding denim yang lain tetapi itu juga tergantung brand denim yang anda beli.

3. Pre-washed Denim

Tekan untuk memunculkan gambar

Hal yang membedakan dari bahan denim yang satu ini, adanya proses pencucian pada bahan denim tersebut setelah selesai dibuat untuk menciptakan bentuk-bentuk lobang kecil, robek-robek, atau paling minimum warna garis-garis muda dan efek ‘denim bleed’.

Sebenernya bukan hanya pencucian saja yang dapat dilakukan untuk menciptakan efek sudah dipakai sebelumnya. Pencucian juga menyebabkan ukuran denim tidak akan menyusut karena telah terjadi proses sanforisation.

Bahan pre-washed denim memiliki tekstur yang lebih lentur dibanding bahan raw denim dan akan menjadi lebih nyaman jika dipakai. Terdapat juga pola-pola luntur (fading) buatan yang sengaja dibuat. Tetapi hal ini tidak disukai oleh pecinta denim yang ingin membuat pola luntur secara alami.

Jika kalian lebih suka bahan denim yang lebih lentur dan nyaman dipakai, bisa membeli celana

jeans berbahan Pre-washed denim.

4. Stretch Denim

Tekan untuk memunculkan gambar

Bagi kalian yang mencari bahan denim yang bisa elastis maka carilah celana jeans berbahan stretch denim. Karena bahan Stretch denim dicampur dengan Spandex dengan komposisi 2-3%. Celana jeans berbahan stretch denim membuat si pemakai lebih leluasa bergerak karena elastisitasnya.

Kebanyakan celana jeans berbahan stretch denim dipakai untuk celana jeans wanita karena celana jeans ini dapat menyesusaikan dengan bentuk dan postur tubuh. Tetapi celena jeans berbahan ini juga bisa dipakai oleh pria.

5. Poly Denim

Tekan untuk memunculkan gambar

Bahan Poly Denim ini dicampur dengan polyester dengan begitu maka celana jeans berbahan poly denim akan lebih ringan dan cepat kering.

Biasanya celana jeans berbahan Poly denim dipakai untuk acara formal dan semi-formal, sehingga celana jeans ini banyak dipakai oleh kaum tua.

Tetapi jika kalian mencari celana jeans yang ringan dipakai, kalian bisa membeli celana jeans berbahan Poly Denim.

6. Black Coated Denim atau Waxed Denim

Tekan untuk memunculkan gambar

Jika kalian melihat celana jeans berwarna hitam mengkilap, maka kemungkinan celana jeans yang anda lihat menggunakan bahan ini karena bahan ini dilapisi oleh akrilik berwarna hitam yang bertujuan memberikan ketahanan terhadap bahannya. Tetapi seperti jenis bahan denim lainnya, makan warna akan luntur karena pemakaian.

7. Ramie Denim

Tekan untuk memunculkan gambar

Mungkin banyak yang belum tahu jenis bahan denim ini. Seperti namanya, bahan Ramie denim adalah bahan yang ditenun dengan serat tanaman Rami. Pencampuran ini menghasilkan bahan denim yang lebih halus dan menguragi kerutan-kerutan pada bahan denim.

Celana jeans berbahan Ramie Denim memiliki ketahanan yang kuat karena tidak mudah kotor dan mudah menyerap air. Jika kalian hanya ingin membeli celana jeans yang biasa-biasa saja dengan ketahanan tinggi, kalian bisa membeli celana jeans berbahan Ramie Denim

Setelah kalian membaca artikel informasi tentang jenis-jenis bahan denim untuk celana jeans, semoga kalian dapat menentukan jenis bahan apa yang akan kalian beli.

Sekian informasi yang KhususJomblo.com sampaikan. Hifup Jomblo!

Bagikan Komentarmu