10 Bagian Denim Yang Kalian Harus Tahu – KhususJomblo.com

KhususJomblo.com – Apa Saja 10 Bagian Celana Jeans Denim? Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai hal-hal ini, meskipun tidak terlalu penting tapi bagi sebagian orang jika melihat ada seseorang yang salah mengucapkannya saja dapat membuat orang itu mentertawakan kita. Banyak orang yang menyebutkan celana jeans dengan sebutan celana Levi’s, kesalahan ini sangat fatal karena Levi’s merupakan salah satu nama brand clothing. Karena sangat terkenal dan banyak yang menggunakan celana jeans merek Levi’s membuat pola pikir masyarakat untuk menyebutkan celana jeans dengan nama merek brand Levi’s atau kalo lebih kerennya sih metonimia, hehehe. 

Lalu kesalahan kedua yang sering terjadi adalah bahwa menyamakan denim dengan jeans. Ternyata walaupun ada kaitannya tetapi kita salah jika berpikir bahwa denim dan jeans itu sama. Denim adalah jenis bahan yang digunakan untuk membuat celana jeans, jaket trucker dan jenis pakaian lainnya. Jadi, sekarang tahu kan, mblo? jangan salah lagi ya, hehehe.

Setelah kita membahas kesalahan kesalahan tentang celana jeans dan denim, lalu kita akan membahas secara lengkap dan detil bagian bagian pada celana jeans.

1. Rivets

Tekan untuk memunculkan foto

Bagian pertama yang kita bahas adalah bagian terkecil dalam celana jeans, yaitu Rivet. Rivet adalah sebuah paku paku kecil, biasanya terbuat dari tembaga yang dipasang pada ujung ujung kantong di bagian pertemuan antara bagian bahan kantong dengan bagian utama celana. Rivet berguna untuk memperkuat jahitan pada ujung kantong, karena dulu para penambang mengeluh bahwa pada bagian itu cepat copot. Rivet pertama kali diciptakan oleh Jacob Davis pada tahun 1871. Tetapi setelah itu, muncul masalah lagi, para cowboy dan ibu rumah tangga mengeluh bahwa Rivet di kantong celana bagian belakang dapat merusak sofa dan saddle pada kuda. Sehingga pada 1937. dibuatlah inovasi membuat Hidden Rivets, yaitu pemasangan rivet di dalam bahan.

2. Stitches

Stitches merupakan pola-pola jahitan yang digunakan pada celana jeans. Ada 3 pola yang digunakan pada celana jeans yang ada di bagian tertentu dan fungsi masing masing.

A. Bartacks

Tekan untuk memunculkan foto

Jika kalian sering melihat bagian yang memiliki pola jahitan tebal pada stress point (bagian yang memiliki tekanan paling kuat saat celana jeans digunakan), itu merupakan Bartacks. Biasanya Bartack digunakan pada area crotch, ujung kantong belakang, zipper, button fly, dan pocket opening. Bartack memiliki mesin sendiri untuk membuat pola jahitan zig-zag dengan cepat.

B. Lock Stitch

Tekan untuk memunculkan foto

merupakan pola jahitan mengunci pada Hem. Lock Stitch digunakan agar ujung hem terlihat rapih dan tidah terurai.

C. Chain Stitch

Tekan untuk memunculkan foto

Seperti namanya, chain stitch merupakan jahitan berpola rantai dengan 2 buah benang yang akan saling mengunci seperti rantai. Chain stitch banyak dipakai pada bagian Hem, inseam dan stress point di pinggang. Ada keunikan tersendiri dari Chain Stitch, jika sudah beberapa kali dicuci dapat memberikan efek “Roping”, yaitu pola jahitan menjadi menggulung dan terlihat seperti tambang.

3. Hem

Tekan untuk memunculkan foto

Hem adalah bagian dimana 2 bahan menjadi satu (dilipat), biasanya berada pada ujung bawah celana jeans. Nah, jika anda melipat ke luar pada bagian ini maka anda akan melihat teknik jahitan seperti Lock Stitch atau Chain Stitch.

4. Selvedge atau Selvage

Tekan untuk memunculkan foto

Untuk membuat agar ujung tenunan pada bahan denim tidak mendedel atau terlepas maka dibuatlah Selvedge. Selvedge merupakan untaian pada ujung tenunan yang dibuat paralel. Biasanya celana jeans yang ada bagian ini menjadi sangat istimewa dan memiliki harga yang lebih mahal. Benang paralel pada selvedge memiliki warna berbeda-beda untuk membuat ciri khas tersendiri. Selvedge dibuat karena dulu pada tahun 1800an akhir belum ada mesin obras.Selvedge sendiri dapat anda lihat pada bagian lipatan samping celana tetapi anda harus melipat bagian Hem keluar. Ada juga bagian bagian lain yang ditaruh selvedge tergantung dari brand jeans tersebut.

5. Watch Pocket atau Coin Pocket

Tekan untuk memunculkan foto

Ini juga merupakan salah satu ciri khas dari celana jeans. Kantong kecil yang berada pada bagian kantong depan sebelah kanan ini dulu digunakan oleh para penambang sebagai tempat menaruh jam. Bentuk jam nya bukan jam tangan tetapi jam yang bentuk bulat seperti koin yang memiliki tali. Lalu, di masa sekarang ini sudah tidak ada yang menggunakan jam seperti itu namun karena kantong kecil ini merupakan ciri khas dan memiliki banyak kegunaan maka masih tetap dipertahankan. Sekarang kantong kecil ini banyak disebut sebagai Coin Pocket tetapi kalian bisa menggunakannya untuk menyimpan barang barang kecil. Bagi kalian para pecinta denim, banyak yang membuat fading di bagian ini.

6. Front Pocket dan Back Pocket

Tekan untuk memunculkan foto

Celana jeans memiliki 4 kantong besar, yaitu 2 pada bagian depan dan 2 pada bagian belakang. Dulu kantong ini digunakan oleh para penambang untuk menaruh hasil tambangnya. Pada bagian Back Pocket biasanya gampang sekali menjadi fading (memudar), terutama bagian anda menaruh dompet atau barang sesuatu yang anda taruh di kantong belakang agar fading berbentuk barang itu.

7. Arcuate

Tekan untuk memunculkan foto

Kalian pasti sering melihat pada bagian Back Pocket terdapat pola jahitan yang berbeda-beda. Itu merupakan Arcuate. Kalo diterjemahkan secara harfiah, Arcuate berarti lengkungan. Kenapa lengkungan? karena brand yang pertama kali memperkenalkan Arcuate adalah Levi’s dengan ciri khas Arcuate mereka lengkungan berbentuk huruf V. Lalu, brand jeans lainnya juga mengikuti dengan membuat Arcuate yang menandaka brand jeans mereka.

8. Button

Tekan untuk memunculkan foto

Kancing pada celana jeans berada pada bagian pinggang depan celana yang berguna untuk menyatukan bagian kanan dan kiri. Terdapat juga celana jeans yang tidak menggunakan zipper (ritsleting) tetapi menggunakan button. Biasanya digunakan 3 button untuk mengganti ritsletng. Di bagian button juga digunakan untuk menaruh cetakan brand jeans.

9. Belt Loops

Tekan untuk memunculkan foto

Bagian ini berguna untuk tempat memasukkan ikat pinggang agar celana tidak melorot. Berbentuk tali yang dalam satu celana terdapat 5 Belt Loop, tetapi jika anda melihat pada brand Wrangler maka ditambahkan 1 belt loop. Tetapi tergantung dari brand jeans tersebut, banyak juga yang membuat ciri khas tertentu dari belt loop ini.

10. Patch

Tekan untuk memunculkan foto

Ini merupakan bagian dimana brand jeans memenaruh logo brand mereka. Biasanya berbahan kulit dengan ukiran atau cetakan brand jeans tersebut. Patch berada pada bagian pinggang belakang sebelah kanan. Untuk membedakan sebuah brand jeans bisa dengan melihat di bagian ini jika tidak memiliki Arcuate.

Sekian Artikel informasi fashion tentang 10 bagian celana jeans yang kalian harus tahu. Hidup Jomblo!

Bagikan Komentarmu